Peran Apoteker dalam Penanggulangan Pandemi COVID 19

Dalam penanggulangan pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan RI telah menunjuk sebanyak 132 Rumah Sakit di Indonesia sebagai rumah sakit rujukan pelayanan pasien Covid-19. Salah satu diantaranya adalah RSUP Fatmawati Jakarta.

Apoteker di RSUP Fatmawati telah terlibat dalam pelayanan pasien Covid-19. Pelayanan yang diberikan mengikuti standar PMK 72/2016 dalam hal pengelolaan dan penyediaan obat/alkes/BMHP serta pelayanan farmasi klinik.

Bentuk pelayanan farmasi klinik yang dimaksudkan meliputi pemantauan terapi obat (PTO) terutama di ruang Matahari 1 – 5; ruang matahari tersebut merupakan penamaan ruang rawat inap dikhususkan untuk pasien covid-19. Pelayanan farmasi klinik berikutnya adalah konseling obat pulang, termasuk juga melakukan edukasi pada pasien tentang hand hygiene dan pola hidup sehat dalam mencegah kekambuhan infeksi pada pasien dan kepada orang disekitar pasien.

Salah satu rekan sejawat kita Apoteker di RSUP Fatmawati Jakarta memberikan penghargaan kepada pasien yang yang telah dinyatakan sembuh dari covid 19. Hal ini merupakan salah bentuk dukungan agar pasien tetap semangat dan siap untuk kembali ke masyarakat.

Sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan item penting pada situasi sekarang adalam menyediakan hand rub yang cukup di rumah sakit. Saat ini, telah terjadi kelangkaan produk desinfektan (handrub) alkohol base dipasaran, dimana hand rub (hand sanitizer) menjadi material penting sebagai memutus mata rantai pada transmisi penyakit, maka apoteker telah melakukan inovasi-inovasi dalam pembuatan handrub, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah sakit selama dan setelah pandemi covid-19. 

Dalam masa pandemi ini dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk menurunkan angka kasus covid di Indonesia. 

Marilah kita bersama mengikuti anjuran pemerintah untuk Pola hidup sehat dan bersih (PHBS), rajin melakukan hand hygiene baik dengan hand wash maupun hand rub terutama pada lima moment (standar WHO),  menjaga jarak satu sama lain (physical distancing) dan mengunakan masker jika keluar rumah. 

Selamat dan terimakasih kepada rekan- rekan sejawat atas dedikasinya dalam membantu kesembuhan pasien.

Penulis : Ahmad Subhan dan Ratu Ralna I 
Editor : Ahmad Subhan

Leave a Reply